Senin, 30 April 2012

ILMUWAN MENEMUKAN PLANET BARU YANG MIRIP DENGAN BUMI






Pernah nonton film Avatar gak ?

Film tersebut menceritakan bagaimana para ilmuwan mencari Planet alternatif yang bisa manusia tinggali layaknya bumi. Nah baru-baru ini para ilmuwan menemukan sebuah planet yang paling mirip dengan Bumi. Planet itulah kemungkinan bisa dihuni manusia.

Hal ini seperti dilansir oleh Telegraph.co.uk, 29 September 2010, sebuah tim 'pemburu planet' menamai planet yang paling mirip dengan Bumi itu dengan nama Gliese 581g. Planet yang berukuran hampir sama dengan bumi ini mengorbit di tengah 'zona huni perbintangan', selain itu di planet ini juga terdapat zat cair mirip air yang bisa mengalir di permukaannya.

"Temuan kami ini sangat menarik dan menawarkan kemungkinan bahwa planet ini berpotensi untuk dihuni," kata Profesor Steven Vogt di University of California.

Planet ini (Gliese 581g) memiliki massa tiga sampai empat kali dari Bumi dan masa orbit di bawah 37 hari. Dengan demikian planet ini kemungkinan merupakan planet berbatu dengan permukaan tertentu, sehingga memungkinkan planet ini mempunyai gravitasi yang cukup.

Jarak planet ini diperkirakan 20 tahun cahaya dari bumi. Planet ini mempunyai dua sisi, satu sisi menghadap bintang dan memiliki suhu panas yang memungkinkan manusia berjemur di siang hari dan satu sisi yang menghadap jauh dari bintang sehingga berada dalam kegelapan secara terus menerus.

Para peniliti memperkirakan suhu permukaan planet ini antara -31 sampai -12 derajat celsius. Suhunya sangat terik saat menghadap bintang dan bisa terjadi pembekuan saat terjadi gelap.

Menurut Profesor Vogt, gravitasi di permukaan planet itu hampir sama atau sedikit lebih tinggi dari Bumi, sehingga orang dapat dengan mudah berjalan tegak di planet ini.

 "Faktanya, kami mampu mendeteksi planet ini begitu cepat dan sangat dekat. Ini memiliki arti bahwa planet seperti ini benar-benar berciri umum, seperti Bumi," jelasnya.

Prof Vogt dan Paul Butler, dari Carnegie Institution di Washington, mengatakan temuan-temuan baru tim itu dilaporkan dalam sebuah makalah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Astrophysical.


Sumber :  VIVAnews




Tidak ada komentar:

Posting Komentar